Minggu, 15 Maret 2009

Ogoh...Ogoh

Ogoh ogoh adalah sebuah boneka raksasa yang berwujud raksasa atau pun bhutekala....kali... yang dibuat berdasarkan seni patung.Dalam ajaran Hindu Dharma Bhuta Kala merepresentasikan kekuatan (Bhu) alam semesta dan waktu (Kala) yang tak terukur dan tak terbantahkan.


Dalam pungsinya Ogoh-Ogoh sebagai perwujudan Bhuta Kala, dibuat menjelang hari raya Nyepi(Penyepen) dan di arak beramai ramai diiringi tabuh beleganjur pada saat pengerupukan yaitu sehari sebelum hari raya Nyepi. Ogoh-Ogoh diarak mengelilingi desa untuk meminimalisir pengaruh roh jahat yang ada dalam diri dan lingkungan sekitar kita...

Menurut para cendekiawan dan praktisi Hindu Dharma, proses ini melambangkan keinsyafan manusia akan kekuatan alam semesta dan waktu yang maha dashyat. Kekuatan tersebut meliputi kekuatan Bhuana Agung (alam raya) dan Bhuana Alit (diri manusia). Dalam pandangan Tattwa (filsafat), kekuatan ini dapat mengantarkan makhluk hidup, khususnya manusia dan seluruh dunia menuju kebahagiaan atau kehancuran. Semua ini tergantung pada niat luhur manusia, sebagai makhluk Tuhan yang paling mulia dalam menjaga dirinya sendiri dan seisi dunia.

Tidak ada komentar: